Beranda » .: Artikel Terbaru :. » Jenis Permainan Untuk Anak Penyandang Autis

Jenis Permainan Untuk Anak Penyandang Autis

Diposting pada 13 Februari 2022 oleh masbaskoro | Dilihat: 534 kali | Kategori: ,

Jenis Permainan Untuk Anak Penyandang Autis

Autisme adalah beberapa spectrum kondisi dimana seseorang memiliki tantangan dalam kemampuan sosial, baik itu dalam berbicara maupun komunikasi non-verbal. Ada beberapa jenis autisme dan setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Boneka Tangan

Permainan Untuk Anak Penyandang Autis

Bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Aktivitas ini juga berperan penting dalam mendukung perkembangan si Kecil, tidak terkecuali bagi anak-anak yang penderita autis. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa bermain dapat digunakan untuk terapi bagi penyandang autis.

Dalam Media Disabilitas Indonesia disebutkan bahwa permainan yang sebaiknya dikenalkan kepada anak autis adalah dengan jenis permainan yang dapat merangsang anak untuk belajar berkonsentrasi, belajar berkomunikasi atau mengikuti perintah, memahami kata, dan mengenal warna.

Tidak mudah memang memilihkan jenis permainan yang tepat untuk anak autis, tetap sebagai orang tua tidak boleh menyerah. Saat ini, beberapa jenis mainan yang digunakan untuk merangsang motorik halus anak penderita autis di Baskogroup.com dengan harga bervariasi.

Sebagai orangtua berperan sangat penting dalam mengenalkan permainan untuk anak autis. Pilihan permainan yang tepat bagi anak autis dapat meningkatkan kepercayaan diri sehingga mampu berinteraksi dengan teman-temannya. Usahakan Anda mendampingi si Kecil saat bermain dan merangsang kemampuannya. Jika masih bingung memilihkan permainan untuk si Kecil yang mengidap autis, beberapa ide permainan berikut ini dapat dicoba.

  • Meronce Kancing Baju

    Anda mungkin memiliki persediaan kancing baju di rumah ataubisa juga memanfaatkan kancing baju yang sudah tidak terpakai. Manfaatkan warna-warni kancing baju untuk mengenalkan warna pada si Kecil yang autis. Agar permainan ini menyenangkan, ajak ia meronce kancing baju dalam seutas benang dan mengelompokkan kancing berdasarkan ukuran, bentuk, dan juga warnanya. Selain mengenalkan anak pada warna dan bentuk, permainan ini juga melatihnya untuk berkonsentrasi saat meronce. Permainan meronce ini merupakan salah satu cara dalam merangsang motorik halus anak.Meronce Gometri

  • Balok Susun

    Ini merupakan permainan dasar yang dikenal luas untuk merangsang pertumbuhan anak, terutama kreativitas, kemampuan berpikir secara runtut, serta keluwesan bersosialisasi.Balok Susun

  • Lilin Mainan/ Plasticine

    Permainan ini termasuk mainan edukasi yang membantu gerak motorik anak agar berkembang dengan baik serta merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak. Pilihan warna yang beragam dan menarik hati membuat banyak anak-anak menyukai permainan ini.Lilin Mainan

  • Puzzle

    Puzzle merupakan alat bermain yang mudah didapatkan di toko mainan. Permainan ini bisa Anda pilih untuk mengembangkan motorik halus si Kecil. Dengan mengajaknya bermain puzzle, makahal ini akan melatih si Kecil untuk berkonsentrasi dan meningkatkan kemampuan kongnitifnya. Selain itu, saat menyusun bentuk gambar dalam papan puzzle, jari-jari tangan anak juga akan terlatih.Mainan Puzzle

  • Kartu Bergambar

    Anak autis lebih mudah memahami sesuatu secara visual. Menggunakan kartu bergambar dalam permainan dapat membantu si Kecil mengembangkan kemampuan berkomunikasinya.Kartu Bergambar

  • Buku Serial Bergambar

    Anak autis pasti senang ketika ditunjukkan buku serial bergambar warna-warni, seperti gambar binatang, pohon, dan alat transportasi. Buku-buku seperti ini juga dapat merangsang keingintahuannya dan juga mendukung keterampilan membacanya.

  • Buku Serial Bergambar
  • Kotak Musik
    Mengenalkan kotak musik ke anak autis dapat merangsangnya untuk memadupadankan suara dari berbagai alat musik sehingga menjadi sebuah komposisi yang menarik. Selain merangsang pendengarannya, anak juga akan senang karena mendapatkan pengalaman baru dari berbagai suara yang didengarnya.
  • Menggambar
    Sediakan buku gambar dan alat gambar,lalu ajak si Kecil melihat pohon dan tanaman di luar rumah, kemudian ajak ia menggambar sesuai keinginannya. Menggambar bagi anak autis merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan imajinasi mereka.
  • Boneka Tangan
    Boneka pertunjukan adalah sebuah oobyek, sering kali menyerupai manusia, hewan atau figur mistis, yang digerakkan atau dimanipulasi oleh seseorang yang disebut pementas boneka.
  • Menggunakan Video Animasi
    Ajak dan dampingi si Kecil melihat video animasi pada layar kaca. Motivasi dirinya untuk ikut bertepuk tangan dan bernyanyi ketika video yang ditontonnya tengah bernyanyi. Hal ini akan menjadi aktivitas bermain yang menyenangkan sekaligus melatihnya belajar berbicara. Biarkan anak meniru gerakan-gerakan tokoh dalam video yang dilihatnya tersebut. Dalam hal ini, Anda perlu memilihkan tontonan yang menarik sehingga membuat si Kecil senang melihatnya, mampu menirukan gerakan tokoh, dan juga perkataannya.

Baskorogroup.com merupakan produsen pembuatan ruang sensori integrasi, snoezelen, okupasi terapi wicara, fisioterapi rehabilitasi medik fisioterapi snoezellen. Kami menawarkan produk berkualitas untuk rumah sakit, sekolah, klinik tumbuh kembang anak, dan kami juga memiliki pengalaman melayani banyak pemesanan alat kesehatan mulai dari personal, klinik swasta, klinik pemerintahan, rumah sakit dan lain sebagainya.

Baskorogroup juga dapat memproduksi dan menginstalasi ruang tunggu, resepsionis, ataupun pembangunan klinik, pusat terapi dan pusat tumbuh kembang anak dari mulai desain sampai siap digunakan.

Bagikan

Jenis Permainan Untuk Anak Penyandang Autis | Produsen Alat Terapi Anak

Anda Mungkin Suka

Alamat Kantor

BASKOROGROUP.COM

Jl. Super No. 101 Ds. Karang Asem,

Kel. Condong Catur,Kec. Depok,

Sleman – Yogyakarta

 

Call/SMS/WA :

Whatsapp : 0821 3471 6688

Telepon : 0274 886595

 

Email Customer Service :

CS 1 : admin@baskorogroup.com

CS 2 : baskorogroup@gmail.com

Tentang Baskorogroup.com

Baskorogroup.com merupakan produsen dan pengadaan alat terapi tumbuh kembang anak, peralatan rehabilitasi medik, mainan softplay edukatif, (sensori integrasi, snoozellen, okupasi terapi, fisioterapi dll).

Maps CV. Baskoro Group

Chat via Whatsapp
Customer Service
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja