Beranda » .: Artikel Terbaru :. » Autisme – Pengertian, Penyebab Dan Mengobati – Baskorogroup.com

Autisme – Pengertian, Penyebab Dan Mengobati – Baskorogroup.com

Diposting pada 6 April 2020 oleh masbaskoro | Dilihat: 310 kali | Kategori:

Pengertian Autisme

Autisme adalah istilah umum yang meliputi gangguan mental yang ditandai dengan lambatnya perkembangan mental. Autisme juga merupakan suatu gangguan yang hadir dalam pelbagai tingkatan usia pada anak-anak. Anak-anak dengan autisme memiliki tantangan dalam mempelajari keterampilan dasar seperti berjalan atau makan serta keterampilan bersosialisasi atau berhubungan bahkan dengan keluarga mereka sendiri.

Selama lebih dari empat dekade, jumlah kasus autisme telah meningkat sekitar 10 kali lipat. Meski jumlah tersebut menimbulkan kekhawatiran, tetapi kepedulian yang juga tumbuh di masyarakat juga dapat membantu dilakukannya diagnosis yang lebih awal dan lebih akurat.

Gejala-gejala autisme dapat muncul pada anak mulai dari usia tiga puluh bulan sejak kelahiran hingga usia maksimal tiga tahun. Penderita autisme juga dapat mengalami masalah dalam belajar, komunikasi, dan bahasa. Seseorang dikatakan menderita autisme apabila mengalami satu atau lebih dari karakteristik berikut: kesulitan dalam berinteraksi sosial secara kualitatif, kesulitan dalam berkomunikasi secara kualitatif, menunjukkan perilaku yang repetitif, dan mengalami perkembangan yang terlambat atau tidak normal.

Penyebab Autisme

Hingga kini apa yang menyebabkan seseorang dapat menderita autisme belum diketahui secara pasti. Riset-riset yang dilakukan oleh para ahli medis menghasilkan beberapa hipotesis mengenai penyebab autisme. Dua hal yang diyakini sebagai pemicu autisme adalah faktor genetik atau keturunan dan faktor lingkungan seperti pengaruh zat kimiawi ataupun vaksin.

Faktor genetik
Faktor genetik diyakini memiliki peranan yang besar bagi penyandang autisme walaupun tidak diyakini sepenuhnya bahwa autisme hanya dapat disebabkan oleh gen dari keluarga. Riset yang dilakukan terhadap anak autistik menunjukkan bahwa kemungkinan dua anak kembar identik mengalami autisme adalah 60 hingga 95 persen sedangkan kemungkinan untuk dua saudara kandung mengalami autisme hanyalah 2,5 hingga 8,5 persen. Hal ini diinterpretasikan sebagai peranan besar gen sebagai penyebab autisme sebab anak kembar identik memiliki gen yang 100% sama sedangkan saudara kandung hanya memiliki gen yang 50% sama.

Faktor lingkungan
Ada dugaan bahwa autisme disebabkan oleh vaksin MMR yang rutin diberikan kepada anak-anak di usia dimana gejala-gejala autisme mulai terlihat. Kekhawatiran ini disebabkan karena zat kimia bernama thimerosal yang digunakan untuk mengawetkan vaksin tersebut mengandung merkuri. Unsur merkuri inilah yang selama ini dianggap berpotensi menyebabkan autisme pada anak. Namun, tidak ada bukti kuat yang mendukung bahwa autisme disebabkan oleh pemberian vaksin. Penggunaan thimerosal dalam pengawetan vaksin telah diberhentikan namun angka autisme pada anak semakin tinggi.

mengobati Penyakit Autisme

Tidak ada pengobatan khusus yang bisa menyembuhkan autisme. Meski begitu, beberapa perawatan tertentu dapat mengurangi keparahan gejala dan membuat kualitas hidup orang dengan kelainan ini jadi lebih baik.

Ini sangat perlu dilakukan secepat mungkin, mengingat kelainan ini memengaruhi berbagai aspek kehidupan, seperti sosial, pendidikan, dan kesejahteraan diri.

Anak yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat, akan kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain, menerima pelajaran di sekolah, dan menjalin pertemanan. Bila terus dibiarkan, hal ini memengaruhi prestasi anak di sekolah, masa depannya, dan hubungannya dengan orang yang disayangi.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat (CDC), pilihan pengobatan dan perawatan yang bisa dijalani oleh orang dengan autisme, antara lain:

Perawatan untuk meningkatkan perilaku dan komunikasi
Orang dengan autisme biasanya memiliki kemampuan berkomunikasi yang rendah dan kerap kali berperilaku tidak seperti orang-orang pada umumnya. Untuk mengatasi hal ini, dokter dapat merekomendasikan berbagai jenis terapi, seperti:

Terapi okupasi, yakni terapi yang mengajarkan berbagai keterampilan berpakaian, makan, mandi, dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Terapi sensori integrasi, yakni membantu mengolah informasi dari pemandangan, suara, sentuhan, dan bau sehingga kurang tingkat sensitivitasnya pada hal tersebut.

Terapi wicara, yakni meningkatkan keterampilan berkomunikasi, baik verbal maupun non verbal (bahasa dan gerak tubuh).

Penggunaan obat-obatan
Tidak ada obat-obatan yang dapat menyembuhkan autisme. Akan tetapi, beberapa obat bisa digunakan untuk meringankan gejala tertentu. Misalnya, obat untuk antidepresan untuk mengurangi kecemasan, obat anti kejang, atau obat untuk membantu meningkatkan konsentrasi.

Obat-obatan ini tidak boleh digunakan secara sembarangan. Pasalnya, kelebihan dosis maupun efek samping dapat terjadi, apalagi jika diberikan untuk anak-anak. Untuk itu, selalu gunakan obat di bawah pengawasan dokter.

 

Bagikan

Autisme – Pengertian, Penyebab Dan Mengobati – Baskorogroup.com | Produsen Alat Terapi Anak

Anda Mungkin Suka

Alamat Kantor

BASKOROGROUP.COM

Jl. Super No. 101 Ds. Karang Asem,

Kel. Condong Catur,Kec. Depok,

Sleman – Yogyakarta

 

Call/SMS/WA :

Whatsapp : 0821 3471 6688

Telepon : 0274 886595

 

Email Customer Service :

CS 1 : admin@baskorogroup.com

CS 2 : baskorogroup@gmail.com

Iklan

Tentang Baskorogroup.com

Baskorogroup.com merupakan produsen dan pengadaan alat terapi tumbuh kembang anak, peralatan rehabilitasi medik, mainan softplay edukatif, (sensori integrasi, snoozellen, okupasi terapi, fisioterapi dll).

Iklan

Maps CV. Baskoro Group

Iklan

Chat via Whatsapp
Customer Service
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja