Beranda » .: Artikel Terbaru :. » 5 Cara Mengatasi Anxiety Disorder – Baskorogroup.com

5 Cara Mengatasi Anxiety Disorder – Baskorogroup.com

Diposting pada 27 Oktober 2020 oleh masbaskoro | Dilihat: 398 kali | Kategori:

Apa Itu Anxiety Disorder ?

Sosial Anxiety Disorder adalah tipe kecemasan khusus yang muncul ketika seorang anak ataupun dewasa diminta untuk memikirkan atau mengambil bagian dalam sebuah situasi sosial. Kecemasan sosial ini bukan sekedar rasa malu. Anciety disorder adalah ketakutan yang hebat yang mengakibatkan seseorang kesulitan untuk membangun pertemanan dan menikmati saat ditemani orang lain.

Anak dengan anxiety disorder akan cemas jika mereka kelihatan buruk pada situasi sosial. Mereka hanya akan merasa nyaman dengan orang yang mereka kenal dengan sangat baik.

Kecemasan sosial (social anciety) sangat mirip dengan kecemasan untuk berpisah, tapi kecemasan sosial ini terjadi pada anak yang lebih tua dan orang dewas. Anak yang lebih muda takut untuk berada jauh dari pengasuh mereka, karena mereka membutuhkan pengasuh mereka untuk bertahan hidup. Sama halnya dengan masalah kecemasan sosial. Dalam benak mereka “sesuatu yang tidak aman akan terjadi jika saya meninggalkan rumah. Jika saya bicara dengan anak itu, akan berakibat buruk.”.

Anxiety disorder juga bisa meningkata. Contoh, ketika anak Anda cemas ketika akan berkunjung ke rumah temannya. Anda mungkin mengira bahwa OK saja jika Anda membiarkan anak Anda untuk tidak pergi kali ini karena kecemasannya itu. Tapi jika Anda membiarkan ini, anak Anda akan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan sosialnya di masa depan ketika ia menemukan kondisi yang sama.

5 Cara Mengatasi Anxiety Disorder

Anda ingin anak Anda menghindar dari sebuah situasi krisis karena Anda ingin dia berada jauh dari rasa takut. Tapi, Anda hanya boleh melakukan ini dengan cara-cara yang terbatas, sehingga anak tidak memahami bahwa tidak melakukan sesuatu adalah jalan terbaik untuk tidak merasa cemas (anxious).

Nah, berikut adalah 5 tips dan cara yang membantu anak Anda berurusan dengan social anxiety disorder.

1. Jangan biarkan anak Anda menghindar begitu saja
Jika pada situasi sosial tertentu anak Anda merasa sangat cemas, bantulah anak Anda untuk mengambil langkah menepi untuk sementara untuk mengajaknya berpikir tentang strategi menghadapi situasi tersebut. Tapi jangan setujui anak Anda untuk pulang begitu saja. Menghindar dari sebuah situasi karena anxiety disorder tidak akan membantu anak Anda dalam menghadapai situasi yang sama di waktu yang akan datang. Bahkan duduk dibelakang / disamping dan jadi penonton lebih baik daripada menghindar dan pulang ke rumah begitu saja.

2. Pikirkan cara yang bisa mengurangi kecemasan
Misalnya, jika Anda tahu anak Anda merasa cemas ketika berbicara di kelas, minta gurunya untuk mengirim pertanyaan ke rumah sehingga anak Anda dapat melatih kembali jawabannya.

Untuk laporan lisan, tanyakan kepada guru apakah anak Anda dapat membuat video di rumah atau mungkin melakukan pertunjukan wayang dari balik tirai. (Pilihan seperti ini menjadi lebih umum karena lebih banyak guru menggunakan Desain Universal untuk Belajar untuk mencoba meningkatkan keterlibatan siswa.)

3. Buat rencana jika anak sakit kepala dan sakit perut
Ingatlah bahwa keluhan fisik mungkin menjadi cara anak Anda untuk menghindari sesuatu yang menakutkan. Tanyakan secara spesifik sehingga Anda dapat membantu anak Anda menemukan strategi. Misalnya, Anda mungkin bertanya, “Apa yang diperlukan untuk membantu kamu merasa lebih baik sekarang?”

Tetapkan beberapa batasan tegas. Misalnya, “kau tidak boleh pulang ke rumah di jam sekolah kecuali kamu demam.” Atau “Mungkin istirahat dari ini akan membantu kamu merasa lebih baik. Kamu memiliki waktu 10 menit untuk istirahat, tetapi kemudian kamu harus kembali melakukan hal ini. “Ini juga dapat membantu anak Anda menilai tingkat kesulitan tugas. Ini dapat membantu Anda mengetahui apakah perlawanan itu karena anak Anda menganggapnya terlalu sulit.

4. Jadilah detektif
Tidaklah masuk akal untuk mengharapkan anak Anda menjawab pertanyaan umum seperti, “Apa yang Anda khawatirkan?” Cobalah untuk bertanya lebih spesifik. Apa hal terburuk yang bisa terjadi di acara itu? Adakah orang tertentu yang Anda khawatirkan melihatnya? Ya, anak-anak itu tertawa, tetapi bagaimana kamu bisa yakin mereka menertawakan kamu ? Mengapa kamu mendekat dan mendengarkan untuk melihat apakah kamu benar bahwa mereka menertawakanmu. Jika ya, mungkin itu sesuatu yang bisa saya bantu.

5. Kembangkan “jangkar” sosial
Saat pergi ke suatu acara atau kelas karate baru, cobalah carpool agar anak Anda bisa berjalan dengan temannya. Untuk proyek sekolah, mintalah guru memasangkan anak Anda dengan teman yang ramah yang dapat mengajukan pertanyaan tentang hal-hal seperti apa yang akan dibawa atau dipakai. Memiliki seorang teman dapat membantu membuat acara terasa tidak mengancam.

Bagikan

5 Cara Mengatasi Anxiety Disorder – Baskorogroup.com | Produsen Alat Terapi Anak

Anda Mungkin Suka

Alamat Kantor

BASKOROGROUP.COM

Jl. Super No. 101 Ds. Karang Asem,

Kel. Condong Catur,Kec. Depok,

Sleman – Yogyakarta

 

Call/SMS/WA :

Whatsapp : 0821 3471 6688

Telepon : 0274 886595

 

Email Customer Service :

CS 1 : admin@baskorogroup.com

CS 2 : baskorogroup@gmail.com

Iklan

Tentang Baskorogroup.com

Baskorogroup.com merupakan produsen dan pengadaan alat terapi tumbuh kembang anak, peralatan rehabilitasi medik, mainan softplay edukatif, (sensori integrasi, snoozellen, okupasi terapi, fisioterapi dll).

Iklan

Maps CV. Baskoro Group

Iklan

Chat via Whatsapp
Customer Service
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja