Beranda » .: Artikel Terbaru :. » 5 Cara Melatih Motorik Kasar Pada Anak – Baskorogroup.com

5 Cara Melatih Motorik Kasar Pada Anak – Baskorogroup.com

Diposting pada 11 April 2020 oleh masbaskoro | Dilihat: 463 kali | Kategori:

 

Motorik kasar adalah kemampuan gerak tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagian besar atau seluruh anggota tubuh motorik kasar diperlukan agar anak dapat duduk, menendang, berlari, naik turun tangga dan sebagainya.

Mengapa perkembangan motorik kasar pada anak penting untuk diperhatikan? Sebab keterampilan motorik kasar akan membantu anak beraktivitas sehari-hari dan merawat dirinya sendiri. Contohnya saja memakai celana yang memaksa anak untuk berdiri dengan satu kaki, memanjat tempat tidur tingkat, dan masuk ke dalam mobil.

Keterampilan motorik kasar anak juga mempengaruhi kemampuan lainnya lho. Contohnya saja, kemampuan anak duduk tegak berpengaruh pada keterampilan motorik halusnya yakni menulis, menggunting, dan menggambar. Jadi nantinya, kemampuan duduk tegak anak akan mempengaruhi pendidikannya di sekolah. Nah, tanpa keterampilan motorik kasar, anak tentu sulit melakukan aktivitas-aktivitas dasar, misalnya saja makan dan ke kamar kecil.

5 Cara Melatih Motorik Kasar

  1. Melatih Duduk
    Cara untuk menstimulasi perkembangan motorik Si Kecil selanjutnya adalah dengan melatih Si Kecil untuk duduk. Tahapan melatih duduk pada Si Kecil di sekitar usia 4-7 bulan, tepatnya saat Si Kecil sudah bisa berguling-guling dan menahan kepala dengan kuat. Di usia 8 bulan, bahkan Si Kecil sudah mampu duduk sendiri tanpa bantuan orang tua. Untuk melatih posisi duduk, ibu bisa mencoba trik ini:Cobalah mengajak Si Kecil bermain sehingga kepalanya bergerak ke bawah dan ke atas untuk melatih kekuatan otot leher. Misalnya, meletakkan mainan di lantai, lalu mainan diangkat sehingga Si Kecil mendongakkan kepala mengikuti gerakan tangan ibu.Cara kedua untuk menyeimbangkan posisi duduk Si Kecil. Dudukkan Si Kecil, kemudian tempatkan mainannya di sekitar Si Kecil tetapi di luar jangkauan Si Kecil sehingga Si Kecil akan mencoba meraih mainan tersebut.
  2. Bermain BolaAjak anak bermain bola dengan cara mengguulingkan bola besar ke arah anak. Pada awalnya anak akan mendorong bola kembali, tapi secara bertahap anak akan mendorong bola ke arah Ibu.
  3. Melatih Berjalan
    Salah satu cara untuk menstimulasi perkembangan motorik Si Kecil yang terakhir adalah dengan melatih Si Kecil untuk mulaiberjalan.Si Kecil usia 9-12 bulan akan belajar melangkah untuk pertama kali. Sebelum berjalan, pada usia 8 bulan Si Kecil akan mencoba fase berdiri dengan berpegangan pada benda-benda yang berada di sekitarnya. Ibu dapat melatih dengan cara memegang kedua tangan Si Kecil atau memberi alat bantu berjalan seperti mainan yang bisa didorong dan sejenisnya. Ajari pula Si Kecil untuk menekuk lutut agar ia bisa mencoba duduk kembali usai berdiri atau berjalan. Si Kecil akan mulai berdiri ketika kakinya sudah kuat menopang tubuhnya saat berjalan.
  4. Beraktivitas DilabirnJika anak sudah bisa merangkak, buatlah labirin sederhana dari bantal, kardus dan benda-benda lainnya. Lalu anak anak merangkak pada labirin tersebut. Atau Ibu bisa juga bermain cilukba di labirin.
  5. Membuat Menara Balok
    Ibu bisa mencarikan mainan balok yang bisa disusun. Kemudian susunlah balok-balok tersebut menjadi sebuah menara. Lalu ajak anak untuk merangkak ke arah menara dan merobohkannya.
Bagikan

5 Cara Melatih Motorik Kasar Pada Anak – Baskorogroup.com | Produsen Alat Terapi Anak

Anda Mungkin Suka

Alamat Kantor

BASKOROGROUP.COM

Jl. Super No. 101 Ds. Karang Asem,

Kel. Condong Catur,Kec. Depok,

Sleman – Yogyakarta

 

Call/SMS/WA :

Whatsapp : 0821 3471 6688

Telepon : 0274 886595

 

Email Customer Service :

CS 1 : admin@baskorogroup.com

CS 2 : baskorogroup@gmail.com

Iklan

Tentang Baskorogroup.com

Baskorogroup.com merupakan produsen dan pengadaan alat terapi tumbuh kembang anak, peralatan rehabilitasi medik, mainan softplay edukatif, (sensori integrasi, snoozellen, okupasi terapi, fisioterapi dll).

Iklan

Maps CV. Baskoro Group

Iklan

Chat via Whatsapp
Customer Service
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja