Beranda » .: Artikel Terbaru :. » Wajib Anda Ketahui Tentang Terapi Wicara Anak

Wajib Anda Ketahui Tentang Terapi Wicara Anak

Diposting pada 12 September 2021 oleh masbaskoro | Dilihat: 655 kali | Kategori:

Wajib Anda Ketahui Tentang Terapi Wicara Anak – Jika anak Anda kesulitan membaca dan mengeja, terapi wicara mungkin bukanlah solusi yang tepat. Banyak orang berpikir bahwa terapis wicara hanya bekerja dengan orang yang kesulitan membuat suara tertentu (artikulasi) atau yang memiliki gagap atau lisps.

Terapis wicara memang menangani masalah wicara itu. Tetapi mereka juga membantu anak-anak dengan masalah bahasa lisan dan tulisan yang lain. Seperti disleksia, dyspraxia, dan gangguan pemrosesan pendengaran. Faktanya, terapis wicara lebih tepat disebut ahli patologi wicara-bahasa.

Bagaimana Terapi Wicara Anak Bekerja

Terapi Wicara Anak

Terapis wicara harus mencari tahu terlebih dahulu masalah bahasa apa yang dimiliki seorang anak. Kemudian mereka menentukan apa yang menyebabkannya dan memutuskan perawatan terbaik.

Terapis dapat membantu anak-anak membangun keterampilan dengan bekerja bersama mereka satu per satu, dalam kelompok kecil, atau di ruang kelas.

Terapis wicara dapat membantu:

  • Masalah artikulasi: Tidak berbicara dengan jelas dan membuat kesalahan suara.
  • Masalah kelancaran: Bermasalah dengan kelancaran bicara, seperti gagap.
  • Masalah resonansi atau suara: Masalah dengan nada suara, volume, dan kualitas suara.
  • Masalah makan: Kesulitan makan, menelan dan mengeluarkan air liur.

Terapi wicara dapat membantu mengobati:

  • Gangguan bahasa reseptif: Kesulitan memahami (menerima) bahasa.
  • Gangguan bahasa ekspresif: Kesulitan mengekspresikan bahasa.
  • Gangguan bahasa pragmatis: Kesulitan menggunakan bahasa dengan cara yang sesuai secara sosial.

Strategi terapi harus disesuaikan dengan permasalahan khusus setiap anak. Strategi ini termasuk:

Kegiatan intervensi bahasa

Kegiatan ini membangun keterampilan dalam berbagai cara, termasuk memberi contoh dan memberikan umpan balik kepada anak-anak. Terapis dapat menggunakan gambar dan buku atau terapi bermain. Dapat juga menggunakan latihan bahasa untuk melatih keterampilan.

Terapi artikulasi

Terapis memodelkan suara-suara yang sulit ditemui anak. Ini termasuk mendemonstrasikan cara menggerakkan lidah untuk membuat suara tertentu.

Terapi pemberian makan dan menelan

Mengajarkan latihan anak untuk menguatkan otot-otot mulut. Ini bisa termasuk memijit wajah dan berbagai latihan lidah, bibir dan rahang. Terapis juga dapat menggunakan tekstur makanan yang berbeda untuk mendorong kesadaran selama makan dan menelan.

Manfaat Terapi Wicara

Terapi wicara dapat membantu anak-anak (tidak terbatas pada anak berkebutuhan khusus) untuk belajar berbicara lebih jelas. Ini membantu mereka merasa lebih percaya diri dan tidak terlalu frustrasi berbicara kepada orang lain.

Anak-anak yang memiliki gangguan bahasa dapat mengambil manfaat secara sosial, emosional dan akademis dari terapi wicara.

Untuk anak-anak dengan masalah membaca seperti disleksia, terapi wicara dapat membantu mereka mendengar dan membedakan bunyi tertentu dalam kata-kata: kata bat dibagi menjadi b, a, dan t bunyi.

Ini dapat meningkatkan keterampilan membaca dan mendorong anak-anak untuk membaca.

Terapi wicara sangat bermanfaat ketika anak-anak mulai di awal kehidupan. Dalam satu penelitian, 70 persen anak-anak prasekolah dengan masalah bahasa yang menjalani terapi wicara menunjukkan peningkatan keterampilan bahasa.

Hasil yang Dapat Anda Harapkan Dari Terapi Bicara

Terapi anak Anda dapat berlangsung berbulan-bulan atau bahkan selama beberapa tahun. Itu tergantung pada kebutuhan anak Anda. Peningkatan dalam gangguan anak Anda dapat.

Tetapi ada satu hal yang harus diingat. Terapi tersebut tidak bisa “menyembuhkan” anak Anda. Gangguan bicara  atau bahasa yang mendasar akan tetap ada.

Terapis harus memberi tahu strategi kepada Anda dan anak Anda untuk mengatasi hambatan dengan lebih efektif.

Dia dapat memberi Anda kegiatan untuk berlatih di rumah untuk memperkuat keterampilan yang dipelajari anak Anda. Anak-anak yang membuat kemajuan paling baik adalah mereka yang orang tuanya terlibat dalam terapi.

Penting juga teradapat kecocokan antara ahli terapi wicara dan anak Anda. Terapis wicara harus memiliki pengalaman bekerja dengan anak-anak dengan masalah spesifik anak Anda.

Terapi wicara hanyalah salah satu cara untuk membantu anak dengan masalah belajar yang berhubungan dengan bahasa dan wicara.

Kesimpulan

  • Terapi wicara bukan sesuatu yang instan. Butuh kerja keras selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.
  • Akan sangat membantu jika terapis wicara memiliki pengalaman bekerja dengan masalah spesifik anak Anda.
  • Keterlibatan Anda, seperti berlatih di rumah, dapat membuat terapi wicara lebih efektif.
  • Terapi wicara dapat meningkatkan keterampilan komunikasi pada anak-anak dengan masalah bahasa.

Baskorogroup.com merupakan produsen pembuatan ruang sensori integrasi, snoezelen, okupasi terapi wicara, fisioterapi rehabilitasi medik fisioterapi snoezellen. Kami menawarkan produk berkualitas untuk rumah sakit, sekolah, klinik tumbuh kembang anak, dan kami juga memiliki pengalaman melayani banyak pemesanan alat kesehatan mulai dari personal, klinik swasta, klinik pemerintahan, rumah sakit dan lain sebagainya.

Baskorogroup juga dapat memproduksi dan menginstalasi ruang tunggu, resepsionis, ataupun pembangunan klinik, pusat terapi dan pusat tumbuh kembang anak dari mulai desain sampai siap digunakan.

Bagikan

Wajib Anda Ketahui Tentang Terapi Wicara Anak | Produsen Alat Terapi Anak

Anda Mungkin Suka

Alamat Kantor

BASKOROGROUP.COM

Jl. Super No. 101 Ds. Karang Asem,

Kel. Condong Catur,Kec. Depok,

Sleman – Yogyakarta

 

Call/SMS/WA :

Whatsapp : 0821 3471 6688

Telepon : 0274 886595

 

Email Customer Service :

CS 1 : admin@baskorogroup.com

CS 2 : baskorogroup@gmail.com

Tentang Baskorogroup.com

Baskorogroup.com merupakan produsen dan pengadaan alat terapi tumbuh kembang anak, peralatan rehabilitasi medik, mainan softplay edukatif, (sensori integrasi, snoozellen, okupasi terapi, fisioterapi dll).

Maps CV. Baskoro Group

Chat via Whatsapp
Customer Service
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja