Beranda » .: Artikel Terbaru :. » Terapi Wicara Tumbuh Kembang Anak – Baskorogroup.com

Terapi Wicara Tumbuh Kembang Anak – Baskorogroup.com

Diposting pada 11 Oktober 2020 oleh masbaskoro | Dilihat: 1.194 kali | Kategori:

Terapi Wicara Tumbuh Kembang Anak – Baskorogroup.com – adalah terapi yang diberikan pada penderita gangguan perilaku komunikasi, diantaranya kelainan kemampuan bahasa, bicara, suara, kelancaran, agar penderita mampu berinteraksi dengan lingkungan secara wajar. Terapi wicara selain dilakukan oleh tenaga profesional, bisa juga kita lakukan secara sederhana dirumah. Terapi wicara ini bisa dilakukan dirumah dengan cara mematikan televisi, bahasa isyarat, bantuan gambar, permainan yang memperkuat otot mulut dan trik agar mereka bicara. Mematikan televisi bisa membuat anak berkonsentrasi saat mendengar percakapan orang lain, sehingga mudah bagi anak meniru percakapan orang disekelilingnya.

Menggunakan bahasa isyarat ketika berkomunikasi pada anak, misalnya ketika anak akan memakai baju kita tunjukkan bajunya dan mengajarinya dan anda tidak boleh mengubah kata baju menjadi pakaian, hal ini bertujuan agar anak tidak bingung memahami kata yang kita ajarkan. Gunakan kartu gambar, anak akan mudah mengingat nama gambar yang kita tunjukkan berulang ulang. Ajari permainan yang bisa memperkuat otot mulut diantaranya meniup kapas di atas meja, minum menggunakan sedotan.

Kenapa Melakukan Terapi Wicara?

Kebanyakan yang melakukan terapi wicara adalah anak-anak. Hal ini karena banyak anak-anak yang terlambat bicara. Meski begitu, sebenarnya terapi wicara tak hanya ditujukan untuk anak-anak yang mengidap gangguan bicara atau kesulitan dalam memahami bahasa. Sebab, terapi wicara kini juga bisa dilakukan untuk membantu mengatasi kondisi-kondisi lain.

Berikut beberapa kriteria gangguan bicara pada anak-anak yang membutuhkan terapi wicara:

1. Kelainan Bicara :

Merupakan salah satu jenis kelainan berkomunikasi yang ditandai adanya kesalahan proses produksi bunyi bicara, baik itu yang terjadi pada POA (Point Of Articulation) dan/atau MOA (Manner OF Articulation).

Kategori Kelainan Bicara antara lain:

  • Gangguan bicara/artikulasi yang berhubungan dengan adanya kesulitan/gangguan feedback auditory, dapat terjadi karena gangguan pendengaran.
  • Kelainan berkomunikasi yang disertai kerusakan mental. Rendahnya kecerdasan menyebabkan kesulitan dalam mengamati serta mengolah dalam pembentukan konsep dan pengertian bahasa.
  • Kelainan bicara akibat gangguan koordinasi otot-otot organ bicara sehubungan adanya kerusakan/gangguan sistem syaraf pusat maupun perifer.
  • Gangguan artikulasi yang disebabkan ketaknormalan di luar organ wicara dan bukan dikarenakan kerusakan sistem syaraf pusat maupun perfer dan psikologis tapi merupakan gangguan fungsi artikulasi.

2. Kelainan Bahasa (Afasia) :

Merupakan salah satu jenis kelainan berkomunikasi, dimana penderita mengalami kesulitan/kehilangan kemampuan dalam proses simbolisasi bahasa. Kelainan ini diakibatkan oleh adanya kerusakan otak dan diartikan sebagai kerusakan sebagian atau seluruh dari pemahaman bahasa, perumusan, penggunaan bahasa. Tidak termasuk gangguan yang dihubungkan dengan berkurangnya sensor primer, keadaan mental yang memburuk dan gangguan psikis. Afasia dapat terjadi pada anak maupun dewasa.

3. Kelainan Suara :

Gangguan suara yang utamanya disebabkan oleh aksi atau perilaku pita suara, intensitas suara dan/atau kualitas suara yang tidak sesuai untuk individu tersebut dalam kaitannya dengan usia, jenis kelamin atau lingkungan.

Kategori Kelainan Suara antara lain:

  • Kelainan kenyaringan suara
  • Kelainan nada suara
  • Kelainan kualitas suara

4. Kelainan Irama/Kelancaran:

Stuttering/Gagap. Gangguan kelancaran bicara yang berupa adanya pengulangan, perpanjangan, penghentian pada kata dan suku kata.
Gangguan bicara yang ditandai dengan adanya irama sangat cepat sehingga terjadi mis artikulasi dan sulit dimengerti.

Berikut link/url Produk Alat Terapi Wicara

Baskorogroup.com merupakan produsen pembuatan ruang sensori integrasi, snoezelen, okupasi terapi wicara, fisioterapi rehabilitasi medik fisioterapi snoezellen. Kami menawarkan produk berkualitas untuk rumah sakit, sekolah, klinik tumbuh kembang anak, dan kami juga memiliki pengalaman melayani banyak pemesanan alat kesehatan mulai dari personal, klinik swasta, klinik pemerintahan, rumah sakit dan lain sebagainya.

Baskorogroup juga dapat memproduksi dan menginstalasi ruang tunggu, resepsionis, ataupun pembangunan klinik, pusat terapi dan pusat tumbuh kembang anak dari mulai desain sampai siap digunakan.

Bagikan

Terapi Wicara Tumbuh Kembang Anak – Baskorogroup.com | Produsen Alat Terapi Anak

Anda Mungkin Suka

Alamat Kantor

BASKOROGROUP.COM

Jl. Super No. 101 Ds. Karang Asem,

Kel. Condong Catur,Kec. Depok,

Sleman – Yogyakarta

 

Call/SMS/WA :

Whatsapp : 0821 3471 6688

Telepon : 0274 886595

 

Email Customer Service :

CS 1 : admin@baskorogroup.com

CS 2 : baskorogroup@gmail.com

Tentang Baskorogroup.com

Baskorogroup.com merupakan produsen dan pengadaan alat terapi tumbuh kembang anak, peralatan rehabilitasi medik, mainan softplay edukatif, (sensori integrasi, snoozellen, okupasi terapi, fisioterapi dll).

Maps CV. Baskoro Group

Chat via Whatsapp
Customer Service
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja