Beranda » .: Artikel Terbaru :. » Terapi Okupasi Alat Kesehatan

Terapi Okupasi Alat Kesehatan

Diposting pada 10 November 2021 oleh masbaskoro | Dilihat: 29 kali | Kategori:

Jasa Alat Terapi OkupasiOccupational Therapy berasal dari kata occupational yang artinya aktivitas dan therapy berarti penyembuhan atau pemulihan, sehingga occupational therapy adalah proses penyembuhan melalui aktivitas. Aktivitas yang dikerjakan tidak hanya sekedar membuat sibuk pasien, melainkan aktivitas fungsional yang mengandung efek terapetik dan bermanfaat bagi pasien atau dalam artian aktivitas yang langsung diaplikasikan dalam kehidupan.

Terapi Okupasi

Jual Alat Snoezellen - Baskorogroup.com

Kolam Bola

Terapi Okupasi

Secara garis besar, Okupasi Terapi adalah profesi kesehatan yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan melalui aktivitas. Tujuan utama Okupasi Terapi adalah memungkinkan individu untuk berperan serta dalam aktivitas keseharian. Dalam memberikan pelayanan kepada individu, Okupasi Terapi memerhatikan aset (kemampuan/ potensi) dan limitasi (keterbatasan/ “kecacatan”) yang dimiliki individu, dengan memberikan aktivitas yang purposeful (bertujuan), meaningful (bermakna), dan disenangi, misal: hobi agar pasien merasa senang dan nyaman selama melakukan terapi. Diharapkan individu tersebut dapat mencapai kemandirian dalam aktivitas produktivitas/pekerjaan atau pendidikan (seperti bekerja), kemampuan perawatan diri/selfcare (seperti: menyikat gigi, mandi, BAB/BAK, dll), dan kemampuan penggunaan waktu luang/leisure (melakukan hobi seperti berkebun, menjahit, menyulam, dll).

Okupasi Terapi juga dapat dikatakan sebagai terapi yang menggunakan aktivitas kehidupan sehari-hari sebagai media terapinya (misal latihan repetitif meremas bola untuk menambah kekuatan dan massa otot, latihan memindahkan Cone untuk menambah luas Lingkup Gerak Sendi). Bukan hanya secara fisik dan mental pasien yang diterapi, Okupasi Terapi juga menganalisis lingkungan (arsitektur dan letak furnitur rumah, lingkungan sosial, lingkungan kerja, dll) apakah berbahaya dan rentan menyebabkan kecelakaan: lantai kamar mandi licin akibatnya saat mandi pasien bisa terjatuh sehingga akan dimodifikasi agar lebih aman terhadap pasien. Okupasi Terapi juga mengedukasi tentang langkah promotif, preventif, rehabilitatif, dan sebagainya kepada pasien dan keluarga, serta masyarakat.

Lalu, kondisi apa saja yang bisa ditangani oleh Okupasi Terapis? Pasien yang bisa dirujuk ke Okupasi Terapis tidak terbatas pada tahap perkembangan tertentu melainkan semua umur bisa dirujuk untuk mendapatkan penanganan Okupasi Terapi. Sebagai contoh: pasien anak-anak. Banyak anak yang sejak kecil sudah mengalami kelainan atau gangguan perilaku/perkembangan. Sebagai contoh: autisme, spektrum autis, ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder), ADD (Attention Deficit Disorder), DD (Delay Development/keterlambatan perkembangan), asperger syndrome, Down syndrome, mental retardasi (keterbelakangan mental), CP (Cerebral Palsy), dan sebagainya. Itu semua adalah sebagian besar dari kondisi anak yang bisa ditangani oleh Okupasi Terapis.

Anak berkebutuhan khusus sebagaimana yang telah disebutkan diatas, diperlukan perhatian khusus dan energi ekstra untuk mempelajari keterampilan dasar dalam perawatan diri (makan, mandi, dsb) atau ketramilan akademiknya. Contoh: menulis. Melakukan aktivitas menulis memerlukan keterampilan yang komplek, diantaranya: integrasi visual motorik (koordinasi mata dan tangannya), kognitif perceptual, perencanaan gerak, kekuatan otot, hubungan ruang dan jarak, dan masih banyak komponen lain yang dipelukan didalamnya. Maaf mungkin arti kata-kata ini sulit dipahami, tapi setidaknya kita mengetahui bahwa dalam aktivitas menulis diperlukan banyak ketrampilan dasar agar mendapatkan hasil yang bagus. Dan hal ini perlu dilatih serta membutuhkan proses untuk kembali seperti sediakala.

Yang kedua adalah kondisi dewasa, yang biasa ditangani Okupasi Terapis diantaranya kondisi neurology dan ortopedi. Contohnya, stroke, frozen shoulder (bahu beku), TBI (Traumatic brain injury/cidera kepala), SCI (Spinal cord injury/paraplegia), kondisi luka bakar, osteoarthritis, remathoid arthritis, fraktur (patah tulang), amputasi, dan sebagainya. Dengan menggunakan Okupasi Terapi, dapat membantu proses penyembuhan seorang individu atau pasien agar mandiri dan tidak bergantung pada orang lain dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas, bahwa Okupasi Terapis tidak hanya bergerak dalam bidang fisik saja, melainkan mental juga. Di Rumah Sakit Jiwa, terutama di Unit Rehabilitasi, seorang Okupasi Terapis berperan mengajari dan menanamkan konsep dasar yang benar kepada para pasien dengan kelainan jiwa melalui aktivitas-aktivitas yang bermanfaat bagi pasien. Contoh: pasien skizofrenia dimana terdapat/terjadi waham-waham aneh dalam pikirannya. Maka peran penting Okupasi Terapis adalah memodifikasi waham dengan memberi aktivitas-aktivitas yang bermakna sambil memberikan arahan dan menanamkan kesadaran atau kenyataan yang sebenarnya.

Seorang Okupasi Terapis juga mampu merancang alat bantu, memodifikasi alat atau lingkungan untuk memudahkan pasien melakukan aktivitas sehari-harinya. Contoh: seorang pasien mengalami keterbatasan lingkup gerak sendi pada tangan atau lengannya sehingga ia tidak mampu mencukur kumis atau jenggot sendiri yang mulai memanjang. Untuk mencukurnya harus minta bantuan pada orang lain. Hal ini tidak perlu dirisaukan jika berkonsultasi dengan Okupasi Terapis. Okupasi Terapis akan membantu merancangkan alat agar pasien bisa mandiri dalam melakukan aktivitas yang dibutuhkan tanpa bantuan dari keluarga atau orang lain.

Yang perlu dipahami adalah tidak ada sesuatu yang instant di dunia ini. Segala sesuatunya membutuhkan proses, sama halnya dengan setiap penanganan atau treatment yang dilakukan, membutuhkan proses yang relatif lama. Karena di dalam individu yang mengalami gangguan baik fisik maupun mental tersebut terdapat “komponen” yang tidak berfungsi baik sebagaimana mestinya sehingga perlu diperbaiki. Maka dari itu saat memberikan Terapi atau treatment, Okupasi Terapis tidak sekedar memberi terapi tanpa ada target untuk mengetahui atau me-monitor perkembangan pasien, melainkan sebelumnya ada rencana terprogram dalam bentuk LTG (Long Term Goal atau tujuan jangka panjang) dan STG (Short Term Goal atau tujuan jangka pendek) agar mudah dalam mencapai tujuan Program Terapi dan mudah pula dalam melihat perubahan yang terjadi pada diri pasien.

Baskorogroup.com merupakan produsen pembuatan ruang sensori integrasi, snoezelen, okupasi terapi wicara, fisioterapi rehabilitasi medik fisioterapi snoezellen. Kami menawarkan produk berkualitas untuk rumah sakit, sekolah, klinik tumbuh kembang anak, dan kami juga memiliki pengalaman melayani banyak pemesanan alat kesehatan mulai dari personal, klinik swasta, klinik pemerintahan, rumah sakit dan lain sebagainya.

Baskorogroup juga dapat memproduksi dan menginstalasi ruang tunggu, resepsionis, ataupun pembangunan klinik, pusat terapi dan pusat tumbuh kembang anak dari mulai desain sampai siap digunakan.

Bagikan

Terapi Okupasi Alat Kesehatan | Produsen Alat Terapi Anak

Anda Mungkin Suka

Alamat Kantor

BASKOROGROUP.COM

Jl. Super No. 101 Ds. Karang Asem,

Kel. Condong Catur,Kec. Depok,

Sleman – Yogyakarta

 

Call/SMS/WA :

Whatsapp : 0821 3471 6688

Telepon : 0274 886595

 

Email Customer Service :

CS 1 : admin@baskorogroup.com

CS 2 : baskorogroup@gmail.com

Tentang Baskorogroup.com

Baskorogroup.com merupakan produsen dan pengadaan alat terapi tumbuh kembang anak, peralatan rehabilitasi medik, mainan softplay edukatif, (sensori integrasi, snoozellen, okupasi terapi, fisioterapi dll).

Maps CV. Baskoro Group

Chat via Whatsapp
Customer Service
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja